Nilai negatif yang berkelanjutan dari SOI di bawah −7 biasanya menunjukkan El Niño sementara nilai-nilai positif yang berkelanjutan di atas +7 biasanya menunjukkan La Niña. Nilai antara +7 dan −7 umumnya menunjukkan kondisi netral.

Kurangnya sinyal yang jelas dan berkelanjutan di SOI adalah salah satu indikator (lihat juga Trade Winds and Cloudiness) bahwa sirkulasi atmosfer yang diperlukan untuk menandakan awal El Niño belum terbentuk. Kopling atmosfer ini adalah mekanisme yang memperkuat dan menopang El Niño, dan memfasilitasi dampak cuaca Australia dan global yang meluas.

Prediksi MJO

Diagram fase MJO mengilustrasikan perkembangan MJO melalui fase yang berbeda, yang umumnya bertepatan dengan lokasi di sepanjang khatulistiwa di seluruh dunia. RMM1 dan RMM2 adalah metode matematika yang menggabungkan jumlah awan dan angin di tingkat atas dan bawah atmosfer untuk memberikan ukuran kekuatan dan lokasi MJO. Ketika indeks berada dalam lingkaran pusat, MJO dianggap lemah, yang berarti sulit untuk membedakan menggunakan metode RMM. Di luar lingkaran ini, indeks lebih kuat dan biasanya bergerak berlawanan arah jarum jam karena MJO bergerak dari barat ke timur. Untuk kenyamanan, kami mendefinisikan 8 fase MJO berbeda dalam diagram ini.

00UTC

12UTC

SST

Anomaly SST